NEWS : Pasar Motor Menyusut 11 Persen

Anda harus dapat menemukan beberapa fakta yang sangat diperlukan sekitar berita terbaru dalam paragraf berikut. Jika ada sedikitnya satu fakta yang tidak Anda ketahui sebelumnya, bayangkan perbedaan itu bisa membuat.

SITUBONDO, KOMPAS.com - Pasar motor nasional pada November 2009 turun 11 persen menjadi 546.177 unit dari posisi bulan sebelumnya 613.979 unit. Situasi ini merupakan siklus tahunan yang memang biasa terjadi di pengujung tahun.

Berdasarkan data yang diterima KOMPAS.com, pada bulan ke-11 tahun ini penjualan wholesales Honda masih memimpin dengan angka 253.000 unit. Sementara di posisi kedua, Yamaha mengantungi 249.364 unit, diikuti Suzuki ( 39.367 unit), dan Kawasaki 4.446 unit.

Dari angka tersebut, terlihat bahwa penurunan penjualan dialami oleh semua merek motor anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Mudah-mudahan informasi yang disajikan sejauh ini telah berlaku. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan berikut ini:

Menanggapi hal ini, Bambang Asmarabudi, Ketua AISI bidang Promosi menjelaskan, penurunan penjualan motor memang biasa terjadi di akhir tahun. Konsumen biasanya menahan pembelian menunggu tahun baru sehingga produk yang dimilikinya berusia lebih muda.

"Biasanya di bulan-bulan terakhir perusahaan swasta sudah tutup buku, sementara pemerintahan juga tak banyak. Jadi tak ada lagi pembelian yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Konsumen individu sendiri biasanya menunda pembelian," ujarnya di Situbondo, Jumat (4/12) malam.

Dikatakan, kegiatan promosi dan produk baru biasanya kering saat memasuki pengujung tahun. Para agen tunggal pemengan merek (ATPM) motor di Indonesia biasanya akan lebih berkonsentrasi untuk menyiapkan strategi dan promosi tahun depan.

"Itu juga salah satu alasan mengapa Yamaha meluncurkan New Jupiter Z di akhir tahun ini. Kami juga membuat serangkaian acara untuk membuktikan ketangguhan motor ini, salah satunya dengan turing (Jupiter Amazing Tour 2010). Paling tidak memberi awareness lebih,
mendorong penjualan di Januari, papar Bambang.


AGK Editor: bastian

Sekarang Anda dapat mengerti mengapa ada bunga yang tumbuh dalam berita terbaru. Ketika orang mulai mencari informasi lebih lanjut tentang berita terbaru, Anda akan berada dalam posisi untuk memenuhi kebutuhan mereka.