NEWS : Pemerintah Indonesia Tunda Penurunan BM Asean

Jika Anda memiliki minat yang lewat bahkan pada topik dari berita terbaru, maka anda harus melihat informasi berikut. Artikel mencerahkan ini menyajikan beberapa berita terbaru tentang topik dari berita terbaru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mengusulkan penundaan pembebasan bea masuk (BM) impor untuk kendaraan utuh (compleately knocked down/CBU) yang berlaku di wilayah Asean dari 5 persen pada tahun ini menjadi o persen pada 2010 mendatang. Kesepakatan ini sebelumnya telah ditandatangani oleh Indonesia dalam kerangka kerjasama sesama negara anggota Asean dalam Asean Free Trade Area (AFTA).

Otomotif, masuk dalam usulan penundaan 784 pos tarif dalam skema common effective preferential tariff (CEPT) kesepakatan perdagangan bebas Asean (AFTA). Pembebasan BM itu menjadi yang terbesar dalam jadwal penurunan tarif negara Asean 6 (enam), sejak kesepakatan pasar bebas ditandatangani pada 2003 silam.

Dengan demikian, setelah 1 Januari 2010 ekspor-impor produk manufaktur di Asean 6 yang mencakup Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Vietnam bebas BM.

Jika Anda tidak memiliki rincian yang akurat mengenai berita terbaru, maka Anda mungkin bisa membuat pilihan yang buruk pada subjek. Jangan biarkan hal itu terjadi: terus membaca.

"Kalau ditotal terdapat 14 sektor industri yang diusulkan di tunda, salah satunya otomotif. Semua sektor mengutarakan alasannya. Kalau dari otomotif kita gunakan trade balance, karena lebih banyak impor dari pada ekspor. Saat ini sudah dibahas secara interdept (antar instansi) di pemerintah," ujar Budi Darmadi, Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Departemen Perindustrian (Depperin) kepada KOMPAS.com, Kamis (10/12/09), malam.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Bambang Trisulo menanggapi positif usulan pemerintah ini. Dia menjelaskan, industri otomotif di Indonesia bukan terdiri dari satu bagian di hulu saja, tetapi menjadi satu kesatuan utuh dari hilir.

Dikatakan, harus tetap tercipta keseimbangan antara produk yang masuk dan keluar dari Indonesia. Pemerintah juga harus tetap menjaga industri lokal agar bisa bersaing dengan baik.

"Pada kondisi seperti ini kita harus memikirkan industri komponen kita. Jangan hanya menurut saja, kita harus majukan kepentingan industri lokal. Penurunan BM bisa tetap dilakukan tapi bukan langsung harus menyentuh o persen, bisa bertahap dari empat, tiga, dua, satu," papar Bambang.


AGK Editor: bastian

Mengetahui cukup tentang berita terbaru untuk membuat padat, pilihan informasi pemotongan di atas faktor ketakutan. Jika Anda menerapkan apa yang baru saja Anda pelajari tentang berita terbaru, Anda seharusnya tidak perlu khawatir.