NEWS : November: Penjualan Mobil di China Naik 98 Persen

Artikel berikut mencakup topik yang baru-baru ini pindah ke tengah panggung - setidaknya itu tampaknya seperti itu. Jika Anda berpikir Anda perlu tahu lebih banyak tentang hal itu, inilah kesempatan Anda.

BEIJING, KOMPAS.com " Penjualan mobil di China pada November lalu, naik sampai 98 persen. Ini merupakan kenaikkan terbesar dalam lima tahun terakhir. Kenaikan penjualan ini dipicu oleh insentif pemerintah terhadap masyarakat yang membeli mobil. Akibatnya, China telah melangkahi Amerika Serikat dalam total penjualan mobil secara bulan dan tahun ini. China kini menjadi pasar mobil terbesar di dunia.

Menurut China Association of Automobile Manufacturers (CAAM), penjualann SUV dan minivan naik menjadi n1,04 juta unit pada bulan lalu. Dengan demikian total penjualan mobil di negara tersebut, termasuk bus, naik 96 persen, yaitu mencapai 1,34 juta unit.

Anda mungkin tidak mempertimbangkan segala sesuatu yang baru saja Anda baca untuk menjadi informasi penting tentang berita terbaru. Tapi jangan kaget jika Anda menemukan diri Anda sendiri mengingat dan menggunakan informasi ini dalam beberapa hari mendatang.

Penjualan mobil di China melonjak drastis karena pemerintah memotong pajak untuk pembelian mobil baru. Pemerinta juga memberikan subsida untuk mempercepat pertumbuhan ekonomis di negara tersebut.

œNormalnya industri otomotif tumbuh dengan pertumbuahan GDP, kata Bill Russo, penasehat senior pada Booz & Company, yang memberi konsultasi kepada produsen mobil dan investor. œKenyataan di China tumbuh luar biasa, didorong oleh stimkulus pemerinah, tambahnya.

Sementara itu, Volkswagen AG  melaporkan kenaikan penjualannya di China mencapai38 persen. Sementara itu itu Daimler AG dengan produk Mercedes-Benz dan Smart, naik 224 persen menjadi 8.5000 unit mobil pada bulan lalu. Sedangkan Ford memperoleh kenaikkan 152 persen,  menjadi 22.38 unit.

Selama 11 pertama 2009, penjualan kendaraan di seluruh China naik 42 persen menjadi 12,2 juta. Mobil penumpang naik 49,7 persen menjadi 9,23 juta. Kenaikan ini dipicu dengan  belanja pemeringtah sampai empat triliun. Di samping itu, juga ada  pinjaman baru dari bank 1,3 triliun dolar yang ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

China kini merupakan negara ekonomi ketiga terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat dan Jepang. Stimulus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan penjualan mobil dengan cara menurunkan pajak penjualan dari 10 persen menjadi 5 persen. Diperkirakan 10 miliar yuan diberikan pemerinah untuk membantu konsumen membeli mobil baru atau mengganti kendaraan lamanya.


ZBJ Editor: zbj

Jika Anda sudah memilih beberapa petunjuk tentang berita terbaru bahwa Anda dapat dimasukkan ke dalam tindakan, maka dengan segala cara, melakukan hal itu. Anda tidak akan benar-benar dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan baru Anda jika Anda tidak menggunakannya.